Sabtu, 09 November 2013

Bahasa Indonesia 2 - Tugas 1



TUGAS 1

1.      Jelaskan dengan contoh “Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar”

Didalam kehidupan sehari-hari penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar menjadi salah satu kriteria pemahaman dan penyesuian terhadap kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar yang terjadi pada saat ini bias dibilang sudah menyimpang dari kaedah berbahasa yang baik dan benar . perkembangan teknologi informasi dan arus globalisasi yang luar biasa menjadi faktor penggunaan Bahasa Indonesia ini tak lagi digunakan sesuai dengan kaedah yang seharusnya. Banyaknya istilah-istilah asing dan bahasa gaul aneh yang mulai dipublikasikan oleh bangsa kita ini membuat banyak anak bangsa tak lagi berbincang dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Fenomena  seperti ini sudah banyak terjadi khususnya anak-anak hingga para remaja yang menjadi actor pendukung ketidakaturan berbahasa.
Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar sangatmempenagruhi  etika kesopanan dan pencitraan intelektualitas diri seseorang. Semakin seseorang dinyatakan memiliki sikap kesopanan yang baik maka gaya berbicaranya pun pasti dengan bahasa yang baik benar. Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar ini pun tak hanya digunakan dalam bahasa penulisan dalam sebuah karangan. Tapi seharusnya juga digunakan dalam kebiasaan berbicara sehari-hari. Bahasa yang benar adalah bahasa yang sesuai  dengan kaidah bahasa baku, baik kaidah untuk bahasa baku tertulis maupun bahasa baku lisan.

Contoh nyata dalam pertanyaan sehari-hari dengan menggunakan bahasa yang baku:
·      Apa yang sedang kamu lakukan di tempat ini ?
·      Bagaimana menturut pendapat anda tentang hasil karya mereka ?
·      Apa yang menjadi kesimpulan dalam kasus ini?
Kata-kata diatas adalah kata yang sesuai untuk digunakan dalam lingkungan sosial


2.      Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi

Jarak yang berjauhan membuat kita sulit untuk berkomunikasi. Jika pada pramuka jaman SD dahulu saya mengenal ada yang namanya sandi morse itu bisa digunakan jika kita berada dalam jarak yang berjauhan dengan rekan kita, dengan syarat masih bisa terlihat, contohnya itu seperti saya berada di puncak gunung, sedangkan rekan saya berada di kaki gunung. Itu merupakan cakupan jarak yang jauh tetapi masih mampu untuk saling melihat satu sama lainnya. Nah untuk kondisi itu bisa kita gunakan sandi morse untuk saling memberikan informasi. Namun, jika keadaannya saya berada di kutub utara, dan rekan saya berada di kutub selatan, sungguh tidak memungkinkan bukan bagi kita untuk menggunakan sandi-sandi tersebut. Pasti kita membutuhkan sebuah bahasa yang mampu dimengerti satu sama lain untuk digunakan sebagai alat komunikasi agar saling bisa bertukar informasi. Nah disitulah peranan bahasa sebagai fungsinya menjadi alat komunikasi.

contoh dari fungsi bahasa sebagai alat komunikasi :
  • disaat seorang motivator berbicara dengan audience-audience nya dari kalangan menengah ke atas atau orang yang berpendidikan tinggi, maka dia akan memakai tata bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan kata-kata yang baku atau kata-kata asing. berbeda saat sang motivator berbicara dengan masyarakat umum, dia akan menggunakan tata bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan kata-kata yang lebih mudah dicerna oleh masyarakat umum.
alat-alat yang digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari :
  • bedug dalam agama islam dipukul untuk tanda segera melakukan sholat
  • suasana gemuruh kentongan dipukul saat tanda ketika ada bahaya
  • alarm sekolah untuk tanda segera istirahat atau masuk ke kelas
Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar